Lapangan Kerja Bagi Lulusan KImia



LULUSAN KIMIA JADI APA SIH???
Setiap siswa lulusan SMA sebagian besar pasti akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Beberapa siswa telah memilih jurusan sesuai yang ia cita-citakan. Lalu bagaimana dengan siswa yang memilih jurusan Kimia?. Orang tua kita, keluarga, kerabat pasti memiliki pertanyaan yang sama. “Lulusann kimia nanti jadi apa?”. Kalau berkuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP)
tak perlu di Tanya lagi pasti kelak akan menjadi guru. Begitu pula yang berkuliah di fakultas Kedokteran sudah pasti bakalan jadi dokter. Trus bagaimana dengan lulusa Kimia yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini??? Berdasarkan penuturan dosen saya diawal kuliah pada mata kuliah kimia dasar I beliau telah meluluskan sarjana Kimia yang bertitel S.Si ini dalam berbagai lapangan pekerjaan sebagai berikut:
a.       PLN
Peran lulusan kimia dalam PT.PLN adalah sebagai pengontrol dan menganalisis solar sebagai bahan bakar dalam pembangkit tersebut.
b.      BPOM
Di badan pengawasan obat dan makanan seorang sarjana kimia mampu menganalilis kandungan-kandungan senyawa dalam suatu makanan. Misalnya terasi yang dijual dipasaran. Lulusan kimia mampu membedakan yang asli atau yang palsu, yang dapat digunakan ataupun yang tidak boleh digunakan pada berbagai jenis makanan.
c.       PT. ANTAM
Dalam perusahaan tambang logam ini, kimiawan berkerja dalam menentukan kadar nikel pada logam dan mampu menentukan kadar kalori pada batu bara. Perlu diketahui semakin lama batu bara tertimbun dalam tanah maka semakin baik pula kualitasnya.
d.      Bapelda
Lingkungan di zaman modern ini tidak lari dari kegiatan industry. Dalam menganalisis lingkungan akibat limbah industry dibutuhkan pula seorang lulusan kimia.
e.       DOSEN
Salah satu syarat untuk menjadi dosen adalah Lulusan S2. Sarjana kimia dapat mengambil S2 di berbagai bidang misalnya
-          Biomedik bisa menjadi dosen pada fakultas kedokteran
-          Ilmu Gisi bisa menjadi dosen pada fakultas Kesehatan Masyarakat
-          Teknik Lingkungan bisa menjadi dosen pada fakultas kehutanan dan ilmu lingkungan
-          Teknik Metalurgi bisa menjadi dosen pada fakultas ilmu dan teknologi kebumian
-          Farmasi bisa menjadi dosen pada fakultas Farmasi
-          Geothermal bisa menjadi dosen pada fakultas kebumian
Masih banyak peluang kerja dari lulusan kimia yang belum dapat kusebutkan. Namun saya berharap melalui tulisan ini bisa menjadi lieratur bagi pembaca untuk memilih jurusan Kimia jika ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Reaksi Redoks

Contoh Laporan Uji Unsur Karbon

Contoh Laporan Uji Hantar Listrik