Contoh Laporan Reaksi Redoks



Laporan Praktikum Kimia

REAKSI REDOKS


Oleh:
                   Nama                             Muhammad Nur Slamet
                   Kelas                            X MIA 2                                                     No.Urut                         18
                   Guru Pembimbing      Andi Hasnaenih, S.Pd M.Pd




LABORATORIUM UNIT KIMIA
SMA NEGERI 2 RAHA
2013 / 2014




KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah ,segala puji hanya kepada ALLAH SWT yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Dan dengan izin serta pertolongan-NYA sehingga laporan praktikum ini dapat saya selesaikan.
Laporan praktikum yang berjudul reaksi redoks ini disusun guna memberikan pengalaman yang lebih mendalam serta untuk menambah wawasan sebagai taman sumber informasi kepada para siswa agar mampu menerapkan pengetahuannya dalam menghadapi masalah kehidupan dan tekhnologi khususnya mata pelajaran kimia.
Dalam penulisan laporan praktikum ini, tidak terlepas dari bantuan guru dan asisten mata pelajaran, yaitu mata pelajaran kimia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sebagai penyusun laporan praktikum ini, mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah mambantu saya dalam menyelesaikan laporan praktikum ini.
Akhirnya dengan penuh kerendahan hati, saya sadari bahwa laporan praktikum ini masih kurang sempurna sehingga segala saran dan kritik yang membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan laporan praktikum ini. Selepas dari itu semua, saya harapkan agar laporan praktikum ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Raha 25 April 2014


Penyusun               
DAFTAR ISI
Halaman Sampul .......................................................................................    i
Kata Pengantar ........................................................................................    ii
Daftar Isi ................................................................................................    iii
Abstrak ....................................................................................................    iv
BAB I   PENDAHULUAN .....................................................................    1
A.   Latar Belakang.............................................................................    1
B.    Rumusan Masalah ........................................................................    
C.    Tujuan Praktikum ........................................................................    
D.   Kegunaan .......................................................................................    

BAB II   LANDASAN TEORI..............................................................   
A.   Deskripsi Teori...........................................................................   
B.    Kerangka Pikir..............................................................................   
C.    Hipotesis.......................................................................................   

BAB III  METODE PENELITIAN......................................................   
A.   Alat dan Bahan..............................................................................   
B.    Prosedur Kerja.............................................................................   
C.    Variabel..........................................................................................   

BAB IV  HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN.................   
A.   Hasil Pengamatan.........................................................................   
B.    Pembahasan ..................................................................................    

BAB V  PENUTUP....................................................................................   
A.   Kesimpulan.....................................................................................   
B.    Saran..............................................................................................   

DAFTAR PUSTAKA


                                                            REAKSI REDOKS

OLEH:
MUHAMMAD NUR SLAMET
                        NIS. 1311521                                     
PEMBIMBING  :  ANDI HASNAENI, S.Pd M.Pd
ABSTRAK

Laporan ini berjudul Larutan Reaksi redoks, yang bertujuan agar siswa mampu mengamati beberapa reaksi redok. Adapun bahan yang diuji adalah Magnesium, seng, dan besi pada paku.
Pada praktikum ini kami melakukan proses pengujian reaksi redoks dengan dua cara yaitu dengan pembakaran pada pita Magnesium dan dengan pelarutan pada tembaga(ii) sulfat pada seng dan besi. Pada pembakaran pita magnesium, warna pita yang mula-mula putih mengkilap menjadi abu-abu. Hal ini dikarenakan adanya pengikatan oksigen pada pita magnesium atau dikenal dengan oksidasi. pelarutan seng dan paku pada larutan tembaga(ii) sulfat, ada warna kehitaman pada bagian yang terkena larutan. Hal ini dikarenakan reaksi tersebut mengalami pertambahan dan penurunan bilangan oksidasi atau dijadikan konsep sebagai reaksi reduksi oksidasi (redoks).
Dari hasil pengamatan praktikum kali ini didapatkan bahwa Berdasarkan pembakaran magnesium maka didapatkan teori bahwa konsep oksidasi merupakan reaksi pengikatan oksigen. Sedangkan Berdasarkan pelarutan seng dan besi pada tembaga(ii) sulfat maka didapatkan teori bahwa reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi dan reaksi oksidasi adalah reaksi pertambahan bilangan oksidasi.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Reaksi kimia tidak pernah lepas dari berbagai fenomena alam yang ada di sekitar kita. Sebagai contoh, keberadaan oksigen dalam udara sesungguhnya merupakan lingkaran proses kimia yang dilakukan oleh tumbuhan dan manusia dengan bantuan matahari. Tumbuhan memanfaatkan CO2 yang dibuang manusia untuk proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Proses fotosintesis tersebut menghasilkan O2 yang dihirup oleh manusia. Manusia mengeluarkan CO2 dan dimanfaatkan oleh tumbuhan, begitu seterusnya membentuk sebuah siklus.
Selain yang bersifat alamiah, reaksi oksidasi dan reduksi juga terjadi dalam berbagai industri yang menghasilkan bahan-bahan yang dimanfaatkan manusia. Industri pelapisan logam adalah salah satu contoh industri yang memanfaatkan prinsip reaksi redoks.

Pengetahuan manusia mengenai reaksi redoks senantiasa berkembang. Perkembangan konsep reaksi redoks menghasilkan dua konsep, klasik dan modern. Awalnya, reaksi redoks dipandang sebagai hasil dari perpindahan atom oksigen dan hidrogen. Oksidasi merupakan proses terjadinya penangkapan oksigen oleh suatu zat. Sementara itu reduksi adalah proses terjadinya pelepasan oksigen oleh suatu zat. Oksidasi juga diartikan sebagai suatu proses terjadinya pelepasan hidrogen oleh suatu zat dan reduksi adalah suatu proses terjadinya penangkap hidrogen. Oleh karena itu, teori klasik mengatakan bahwa oksidasi adalah proses penangkapan oksigen dan kehilangan hidrogen. Di sisi lain, reduksi adalah proses kehilangan oksigen dan penangkapan hidrogen. (Arifatun. 2007: 131)

Di sekitar kita terdapat berbagai proses kimia yang dapat dijelaskan dengan konsep reaksi redoks. Contohnya proses pembakaran bahan bakar, bahan makanan menjadi basi karena teroksidasi oleh udara, penggunaan baterai sebagai sumber listrik, penyepuhan logam, dan perkaratan. Pengertian oksidasi-reduksi berkembang sesuai dengan konsep-konsep yang menyertainya, mulai dari konsep penggabungan dan pelepasan oksigen, konsep pengikatan dan pelepasan elektron, serta konsep bilangan oksidasi. Konsep ini sangat membantu dalam penjelasan proses oksidasi-reduksi. Pada reaksi redoks dikenal zat-zat oksidator danreduktor. Pada bab ini akan dijelaskan perkembangan konsep reaksi redoks, tata nama berdasarkan bilangan oksidasi, dan penerapa konsep redoks. Salah satu reaksi kimia yang terpenting adalah reaksi oksidasi-reduksi. Reaksi ini tidak dapat dibahas satu per satu, sebab keduanya tidak dapat dipisahkan. Jika terjadi reaksi oksidasi selalu disertai reaksi reduksi. Pada mulanya, kira-kira pada abad ke-19, ahli kimia meninjau reaksi redoks hanya dari konsep reaksi dengan oksigen. Kini konsep reaksi redoks mengalami perkembangan yaitu ditinjau dari pengikatan dan pelepasan elektron serta perubahan bilangan oksidasi.
            (Ari Harnanto. 2007: 132-133)

Reaksi redoks merupakan kegiatan dari reaksi oksidasi dan reduksi. Reaksi redoks sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Perkaratan besi, perubahan warna daging apel menjadi kecokelatan kalau dikupas merupakan contoh peristiwa oksidasi. Sehingga reaksi redoks dikatakan penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan electron dan berdasarkan perubahan bilangan oksidasi.



B.     RUMUSAN MASALAH
Apakah yang ditimbulkan pada saat terjadinya reaksi redoks?

C.     TUJUAN PRAKTIKUM
Mengamati beberapa reaksi redoks.

D.    KEGUNAAN
1.      Sebagai tempat untuk menambah pengetahuan dan wawasan.
2.      Sebagai sumber informasi jika ada penelitian lebih lanjut.
3.      Sebagai lembaga penelitian.         



BAB II
LANDASAN TEORI

A.    DESKRIPSI TEORI
Seiring dilakukannya berbagai percobaan, konsep redoks juga mengalami perkembangan. Muncullah teori yang lebih modern yang hingga saat ini masih dipakai. Dalam teori ini disebutkan bahwa:
a. Oksidasi adalah proses yang menyebabkan hilangnya satu atau lebih elektron dari dalam zat. Zat yang mengalami oksidasi menjadi lebih positif.
b. Reduksi adalah proses yang menyebabkan diperolehnya satu atau lebih elektron oleh suatu zat. Zat yang mengalami reduksi akan menjadi lebih negatif.

Teori ini masih dipakai hingga saat ini. Jadi proses oksidasi dan reduksi tidak hanya dilihat dari penangkapan oksigen dan hidrogen, melainkan dipandang sebagai proses perpindahan elektron dari zat yang satu ke zat yang lain.

Ada 3 konsep mengenai reaksi redoks yaitu sebagai berikut:

1. Konsep redoks berdasarkan pengikatan dan pelepasan     oksigen
Konsep reaksi oksidasi dan reduksi mengalami perkembangan dari masa ke masa sesuai cakupan konsep yang dijelaskan. Pada mulanya konsep reaksi oksidasi dan reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen. Reaksi oksidasi didefinisikan sebagai reaksi penggabungan/ pengikatan suatu zat dengan oksigen. Sebaliknya reaksi pelepasan oksigen oleh suatu zat disebut reaksi reduksi.
Contoh reaksi oksidasi:
a. C(s) + O2(g) →CO2(g)
b. 4 Fe(s) + 3 O2(g) →2 Fe2O3(s)
Pada reaksi di atas C mengikat O2 membentuk CO2. Demikian juga Fe, Cu, S, dan SO2 berturut-turut menjadi Fe2O3, CuO, SO2, dan SO3 setelah mengikat oksigen. Jadi, C, Fe, Cu, S, dan SO2 telah mengalami reaksi oksidasi.
Contoh reaksi reduksi:
a. 2 SO3(g) →2 SO2(g) + O2(g)
b. 2 KClO3(s) →2 KCl(s) + 3 O2(g)
c. 2 KNO3(aq) →2 KNO2(aq) + O2(g)
pada reaksi diatas, SO3 melepaskan oksigen membentuk SO2, demikian juga KClO3 dan KNO3 masingmasing melepaskan oksigen menjadi KCl dan KNO2. Jadi, SO3, KClO3, dan KNO3 mengalami reaksi reduksi. Pada reaksi termit menghasilkan besi cair yang sering digunakan untuk mengelas benda-benda dari besi, reaksinya adalah
2 Al(s) + Fe2O3(s) →2 Fe(l) + Al2O3(s)
Al mengikat oksigen membentuk Al2O3 berarti Al mengalami oksidasi. Fe2O3 melepaskan oksigen membentuk Fe. Jadi, Fe2O3 mengalami reduksi. Pada reaksi termit tersebut oksidasi dan reduksi terjadi bersamaan, reaksi seperti ini disebut reaksi redoks(Iman Rahayu. 2009: 107-109).

2. Konsep Redoks Berdasarkan Penyerahan dan Penerimaan Elektron

Atom Mg memiliki konfigurasi elektron 2 8 2 sehingga electron valensinya 2. Adapun konfigurasi elektron atom Cl adalah 2 8 7 sehingga elektron valensinya adalah 7. Untuk mencapai kestabilannya, atom Mg harus melepaskan 2 elektron, sedangkan atom Cl membutuhkan 1 elektron. Jadi, atom Mg memberikan masing-masing 1 elektron kepada 2 atom Cl sehingga 1 atom Mg mengikat 2 atom Cl. Setelah melepaskan 2 elektron, atom Mg menjadi ion Mg2+. Adapun atom Cl menjadi ion Cl– setelah menerima 1 elektron. Senyawa yang terbentuk adalah MgCl2. Reaksi kimia yang terjadi pada pembentukan ikatan MgCl2 dapat juga dituliskan melalui tahapan berikut.
Mg(s) →   Mg2+(aq) + 2 e– × 1
Cl2(g) + 2e– →   2 Cl–(aq) × 1
Mg(s) + Cl2(g) →  Mg2+(aq) + 2 Cl–(aq) →  MgCl2(aq)
Mg(s) →   Mg2+(aq) + 2 e– merupakan reaksi oksidasi, sedangkan Cl2(aq) + 2 e–→  2 Cl–(aq) merupakan reaksi reduksi. Berdasarkan pada contoh ini, reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi penerimaan elektron. Zat yang mengalami reaksi oksidasi disebut reduktor, sedangkan zat yang mengalami reaksi reduksi disebut oksidator. Jadi, Mg merupakan reduktor dan Cl2 merupakan oksidator(Yayan Sunarya. 2007: 124-126).

3. Konsep Reaksi Oksidasi-Reduksi Berdasarkan Perubahan  Bilangan Oksidasi

Bilangan oksidasi atau tingkat oksidasi diterangkan berdasarkan komposisi senyawa, keelektronegatifan relatif unsur, dan menurut beberapa aturan. Aturan untuk menentukan bilangan oksidasi unsur adalah sebagai berikut.
1) Bilangan oksidasi atom unsur bebas adalah nol.
3) Bilangan oksidasi oksigen dalam senyawa nya sama dengan
–2, kecuali dalam peroksida misalnya, H2O2, Na2O2, BaO2 = –1, dan dalam OF2 sama dengan +2.
4) Bilangan oksidasi suatu ion monoatomik sama dengan muatannya.
5) Dalam senyawa, bilangan oksidasi unsur golongan alkali sama dengan +1, dan unsur golongan alkali tanah sama dengan +2.
7) Jumlah bilangan oksidasi unsur-unsur dalam suatu ion yang terdiri atas beberapa unsur sama dengan muatannya.
CuO + H2 →Cu + H2O
(+2)(-2) (0) (0) (+1)(-2)
Oksidator : CuO hasil oksidasi : H2O
Reduktor : H2 hasil reduksi : Cu
Bilangan oksidasi Cu pada CuO = +2 dan pada Cu = 0. Bilangan oksidasi Cu mengalami penurunan dari +2 menjadi 0. Bilangan oksidasi H pada H2 = 0 dan pada H2O = +1. Bilangan oksidasi H mengalami kenaikan dari 0 menjadi +1. Pada reaksi tersebut dinyatakan CuO mengalami reduksi dan H2 mengalami oksidasi. Dengan demikian berdasarkan perubahan bilangan oksidasinya, oksidasi adalah peristiwa kenaikan bilangan oksidasi dan reduksi adalah peristiwa penurunan bilangan oksidasi. Pada reaksi ini CuO bertindak sebagai oksidator. H2 bertindak sebagai reduktor(Arifatun.2007132).

B.     KERANGKA PIKIR
                     













C.     HIPOTESA
                    Yang ditimbulkan saat terjadinya reaksi redoks adalah pengikatan oksigen/pelepasan oksigen, pelepasan electron/ penyerapan electron, dan penurunan biloks/pertambahan biloks.
BAB III
METODE PENELITIAN

A.    ALAT DAN BAHAN
A.       ALAT
JUMLAH
1.      Tang besi
1 buah
2.      Pembakar spiritus
1 buah
3.      Gelas kimia
2 buah
4.      Cawan porselin
1 buah
5.      Larutan tembaga(II)sulfat
1 buah
B.       BAHAN

1.      Logam Mg
1 cm2
2.      Logam Zn
1 cm2
3.      Logam Fe
1 buah paku
           
B.     PROSEDUR KERJA
1.      Menggunting logam Mg sepanjang 2 cm, lalu dibakar dengan tang besi, memasukkan abu yang terjadi  kedalam cawan porselin. Mengamati perubahan dan mencatat hasilnya.
2.      Menggunting logam Zn dan memasukkan kedalam gelas kimia yang telah diisi larutan tembaga(ii) sulfat. Mengamati perubahannya dan mencatat hasilnya.
3.      Menggunting logam Fe dan memasukkan kedalam gelas kimia yang telah diisi larutan tembaga(ii) sulfat. Mengamati perubahannya dan mencatat hasilnya.

C.     VARIABEL
Ø  Variabel bebas :
Ø  Variabel respon           :
Ø  Variabel control          : 
BAB IV
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN

A.    HASIL PENGAMATAN








B.     PEMBAHASAN

Pada praktikum kali ini yang berjudul reaksi redoks yang bertujuan agar siswa mampu mengamati beberapa reaksi redoks. Adapun alat yang kami gunakan yaitu tang besi, pembakar spiritus, gelas kimia, cawan porselin, dan larutan tembaga(ii) sulfat. Sedangkan bahan yang kami gunakan yaitu logam magnesium, logam seng dan logam besi.

Pada kegiatan pertama kami melakukan percobaan terhadap logam magnesium. Logam Mg kami gunting sepanjang dua senti meter dan kemudian kami menjepitnya menggunakan tang besi. Setelah itu kami nyalakan pembakar spiritus dan kami bakar logam Mg tersebut sampai menyala terang. Kemudian abu sisa pembakaran tersebut kami masukkan kedalam cawan porselin. Lalu mengamati perubahan yang terjadi. Ternyata warna logam Mg sebelum dibakar putih mengkilap, berubah menjadi abu-abu. Hal ini menunjukkan bahwa logam magnesium teroksidasi oleh oksigen pada proses pembakaran. Munculah konsep bahwa oksidasi adalah peristiwa pengikatan oksigen.

Pada kegiatan kedua kami melakukan percobaan pada logam seng logam. Terlebih dahulu logam seng kami amplas agar mudah diamati pada saat dilarutkan kedalam larutan tembaga(ii) sulfat. Lalu logam Zn digunting dengan luas dua centimeter persegi dan kemudian dimasukkan kedalam larutan tembaga(ii) sulfat. Beberapa menit kemudian logam seng yang berwarna putih mengkilap berubah menjadi kehitaman. Hal ini menunjukkan logam seng teroksidasi sesuai persamaan reaksi berikut:
           
           
Berdasarkan persamaan reaksi tersebut dapat dilihat bahwa bilangan oksidasi Zn meningkat dari 0 menjadi +2 menunjukkan Zn mengalami oksidasi dan bilangan oksidasi Cu menurun dari +2 menjadi 0 menunjukkan Cu mengalami reduksi. Muncullah konsep bahwa reaksi oksidasi adalah reaksi peningkatan bilangan oksidasi dan reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi.

            Pada kegiatan ketiga kami melakukan percobaan pada logam besi. Lalu logam besi dimasukkan kedalam larutan tembaga(ii) sulfat. Beberapa menit kemudian logam besi yang berwarna putih mengkilap berubah menjadi kehitaman. Hal ini menunjukkan logam besi teroksidasi sesuai persamaan reaksi berikut:
           
           
Berdasarkan persamaan reaksi tersebut dapat dilihat bahwa bilangan oksidasi Fe meningkat dari 0 menjadi +3 menunjukkan Fe mengalami oksidasi dan bilangan oksidasi Cu menurun dari +2 menjadi 0 menunjukkan Cu mengalami reduksi. Muncullah konsep bahwa reaksi oksidasi adalah reaksi peningkatan bilangan oksidasi dan reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi.



BAB V
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
1.      Berdasarkan pembakaran magnesium maka didapatkan teori bahwa konsep oksidasi merupakan reaksi pengikatan oksigen.
2.      Berdasarkan pelarutan seng pada tembaga(ii) sulfat maka didapatkan teori bahwa reaksi reduksi adalah reaksi penurunan bilangan oksidasi dan reaksi oksidasi adalah reaksi pertambahan bilangan oksidasi.


B.     SARAN
            Saran saya buat kakak asisten yang sedang KKN agar bisa memberikan pelajaran dengan baik disertai dengan konsep-konsep yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari agar pikiran siswa tidak abstrak artinya dapat dirasakan oleh diri sendiri sehingga siswa dapat berimajinasi untuk mengetahui konsep-konsep yang telah diberikan.








DAFTAR PUSTAKA

Anifah, Arifatun. 2007. Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X.
              Klaten: PT. Cempaka Putih.

Harnanto, Ari. 2007. Kimia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta:
              SETI-AJI

Kimia, Tim . 2009. Penuntun Praktikum kimia kelas X. Raha:
              laboratorium unit kimia  SMA Negeri 2 Raha.

Permana, Irvan. 2007. Memahami Kimia SMA/MA Untuk Kelas X.
              Bandung: Intan Pariwara.

Rahayu, Iman. 2007. Praktis Belajar Kimia Untuk Kelas X. Jakarta:
              Visindo Media Persada.

Sunarya, Yayan. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia untuk Kelas X.
              Bandung: Setia Purna Inves.

Utami, Budi. 2009. Kimia untuk SMA/MA kelas X. Surabaya: Pusat
               Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Uji Unsur Karbon

Contoh Laporan Uji Hantar Listrik